Rabu, 14 Maret 2012

Gamsa Hamnida


Karena keterbatasan halaman KATA PENGANTAR pada skripsi maka saya akan mengukirnya di blog ini. 

Menuangkan semua rasa terima kasih saya pada semua yang telah terlibat, baik langsung maupun tidak langsung, dalam penyelesaian skripsi ini , yaitu :
  • Allah SWT, atas kesehatan jasmani dan rohani sehingga hamba mampu menyelesaikan skripsi ini.
  • Nabi Muhammad SAW, atas keteladanannya hamba mampu menyandarkan isi skripsi ini dengan haditsnya.
  • Dr. Insan dan dr. Sri hastuti, dengan mudahnya mengacc judul yang satu-satunya saya ajukan.
  • Dr. Sonny dan Pak Zuhroni, atas kesabarannya dan waktu yang telah di luangkannya untuk merevisi skripsi saya.
  • Bapak dan ibu perpus, maaf ya karena  selalu saya repotin buat ngambilin skripsi-skripsi senior.
  • Pak Sikin, bantuannya dari buatin surat jalan sampe smsin nilai akhir skripsi.
  • Pak Sarikun, dah bantu semua keperluan sidang dan dukungan yang terus meyakinkan saya akan kelancaran sidang. "pasti dapet A kok, tenang aja ".
  • Mamah, atas dukungannya ndung bisa selesein nih skripsi meski kadang malah banyak tidur pas di rumah dan mamah bosen liat anaknya yang ngetik-ngetik mulu tapi ngga sidang-sidang, hhahahaha
  • Bapak, makasih ya pak atas kepercayannya dan dukungannya “kalo ngambil skripsi di awal itu lebih baik”, he”..terbukti kok, ternyata agustus tahun ini malah bakal turun SK baru pak dimana skripsi itu harus eksperimen. Untung udah kelar y pak, hihiihihih
  • Najwa, makasih y jua…dah banyak ngehibur pas lagi jenuh-jebuhnya karena revisi skripsi yang ngga kelar-kelar.
  • Ipong, berkat lw di rawat di RS karena demam dengue dan selama 2 malam berturut-turut gw nunggui di RS itu sangat membantu gw berkonsentrasi sebelum sidang, he”..meskipun sempet kena sindir suster sih “kak nungguin adenya sekalian ngerawat y”, hahhaha…karena gw sibuk depan laptop mulu di banding ngurusin ipong, maaf y pong.
  • Ibang, hhmmm..duh lw di gontor sih..tapi gw yakin lw pasti doain gw dari jauh, makasih ya ustad iqbal.
  • Tia, tingkat labil lw cukup menghibur gw di saat skripsi ini sangat menyebalkan.
  • Udin, siap antar-jemput, meski terpaksa gw harus dengerin lagu-lagu daerah kesukaannya tapi ngga papa deh dari pada mesti menderita nunggu bus.
  • Astri, telah menularkan semangatnya untuk skripsi di awal semester 7. Temen sependeritaan selama menyusun skripsi dan temen curhat bareng dikala kena omel dosen pembimbing. Thx stri...
  • Eni, kebal dengan badmood gw yang diem sepanjang malam karena harus merevisi skripsi lagi, lagi dan lagi. Maaf y eni .. hihihiihih…
  • Wenny, dah dengerin latihan presentasi sidang yang gw yakin wenny pasti bingung karena ngomong gw yang belibet dan kecepatan. Ayoo wen olahraga,hahhaah
  • Niza, ditya, alfi, , atas dukungan semangat menyelesaikan skripsi ini…makasih y sayang..
  • Temen-temen 08, doa dan dukungannya. Ayoo..ayoo segera menyusul, sebelom mesti meneliti..hhiihihh..
  • Imunk, hinaan karena skripsi yang ngga kelar-kelar  malah membuat gw semangat untuk menyelesaikan skripsi ini secepatnya. Makasih jelek..
  • Aji dan anak-anak DAO, doa dan kecerian kalian sangat merefresh setiap weekend saya, makasih malaikat-malaikat kecil yang slalu menularkan tawa dan canda kalian..
  • Embrio, sangat membantu memprint baik draf dan hasil akhir skripsi.
  • Raihan, dalam waktu sehari menyelesaikan 5 hard cover skripsi saya.
Skripsi mungkin memang bukan hal yang penting bila di bandingkan dengan keadaan ketika koas nanti, ketika mempresentasikan case report atau jurnal di depan konsulen. Tetapi inilah yang saya rasakan..rasa bangga dan tenang yang terasa begitu melegakan. Jujur selama 3.5 tahun kuliah sangat jarang sekali saya berdiri di depan dosen seorang diri dan mempresentasikan apa yang telah saya tulis. Saat sidanglah terasa sangat ciyut dan inilah pengalaman pertama saya.
Ada beberapa hal penting yang saya dapat setelah menyelesaikan skripsi ini:
  • Ambillah bahan yang sangat valid dan mampu anda pertanggungjawabkan dan segera ketik di daftar pustaka, karena dengan data yang valid tersebut akan membuat anda jauh lebih tenang ketika menghadapi sidang dibandingkan anda mengerjakan skripsi dengan banyak penipuan atau sumber yang tidak jelas.
  • Pahami sebaik mungkin bahan skripsi anda dan sebaiknya pilihlah tema atau judul yang memang anda minati sehingga dalam menyusunnya pun akan terasa lebih ringan.
  • Buat TARGET. Karena dalam penyusunan skripsi anda akan bertemu dengan makhluk bernama MALAS dan JENUH maka buatlah target akhir menyusun dan sidang skripsi, dengan begitu akan memotivasi anda dalam penyelesaian skripsi.
  • Jangan lupa 5 S (Senyum, salam, sapa, sopan, santun). Minimal kepada dosen pembimbing dan semua yang terlibat dalam penyusunan skripsi ini. Kisah nyata saya nih, ketika sedang di akhir penyusunan skripsi saya kena omel sekretaris dekan (berhubung dosen pembimbing saya wakil dekan 3, jadi setiap saya ingin bertemu beliau harus memintaa izin padanya):
Saya : maaf bu, dr. sonnynya ada g?
Sekretaris : ------ (tetep sibuk dengan kerjaannya dan tak mengubris pertanyaan saya)
Saya : bu? #berusaha tetep senyum 10 jari.
Sekretaris : Kamu nih ngga pernah salam.
Saya : ----- (cengok, mangap,kaget)
Sekretaris : Awal-awal masih ibu diemin, tapi ngga sadar-sadar juga. Ini YARSI gtu lho..mana salamnya. #ngomel dengan satu hembusan nafas.
Saya : maaf bu..y bu maaf #otak berusaha memflashback beberapa pertemuan sebelumnya, apa ia gw g pernah salam??krik..krik.. tetep nyengir 20 jari pake jari-jari kaki.
 
Kejadian itu memberi dampak postitif pada saya, mengingatkan saat-saat masih berbalut kemeja putih-rok hitam-kerudung putih dan tiap langkah selalu keluar kata salam pada siapa pun yang melintas di kampus.
Makasih tegurannya bu, semoga ketika koas nanti saya terbiasa untuk selalu 5S pada siapa pun.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar