Jumat, 16 Maret 2012

Pembantaian zaman PRA-KOAS

Setelah plog dengan baiat S.Ked yang tepat jatuh pada tanggal 14 Februari 2012, mulai membayangkan akan meninggalkan suasana kampus yang  menjenuhkan dan memasuki dunia koas yang lebih menantang. Tapi nyatanya apa...kami masih harus berkeliaran di kampus. Memasuki suatu zona sebelum memasuki dunia koas yang dinamakan dengan ZAMAN PRA-KOAS.

Ya sesuai dengan namanya, jelas ini merupakan zaman yang harus dilalui sebelum masuk dunia perkoasan. Zaman pra-koas ini akan berjalan sekitar 1 bulan, dimana 1 minggu kuliah kapita selekta, 1 minggu mengulang skill lab, 1 minggu persiapan ujian skill lab alias OSCE , dan sisanya untuk OSCE.

Bedanya dengan masa kuliah, prakoas kita terbebas dari yang namanya absen. Jadi kasarnya..siapa yang merasa butuh ya silahkan masuk, begitulah..hahhaha..dan ajaibnya kelas tetap rame, terbukti kami cukup sadar diri. Kuliahnya tidak seformal seperti semester dan blk sebelumnya, tema kuliahnya biasa disebut KAPITA SELEKTA, jadi bahasannya pun singkat-padat-jelas. Dari mulai curhatan para dosen tentang masa-masa koasnya, penjelasan tentang cara membuat status pasien, sampe petuah yang hampir semua dosen tekankan pada kami yaitu : ATTITUDE.

Meskipun dapet nilai A di blok Etik (semester 1), jangan harap itu pertanda memiliki etika yang bagus pula. Jangan salah lho..bahkan dalam dunia perkoasan, etika akan lebih mempengaruhi nilai di bandingkan dengan isi otak. Bila diibaratkan, nilai stase koas = (kerajinan+nilai tugas) x etika = ????

Jadi bisa dibayangkankan, mau serajin apapun dan sepintar apapun aak koas tapi kalo attitude nya 0, jelas nilainya pasti E alias kudu ngulang stase tersebut. Ngga maukan??? udah ngeluarin duit lagi kalo ngulang, umur juga makin tua..duhhh..ngga deh..mending bersikap sebaik mungkin aja, toh di pikir-pikir koas kan sama aja kaya belajar di kampus, sama-sama masa mencari ilmu, jadi jelas kita yang butuh dong. Mau diomelin segalak apapun ma konsulen tetep di jaga ya etikanya..



Kalo skill lab prakoas itu, kita mengulang hampir semua skill lab yang telah diajarkan sejak semester awal sampe semester akhir. Total yang harus kembali kami replay yaitu : RJP, Tindakan (Pungsi vea, Infus, NGT, Kateter), Pemeriksaan Antenatal, Anamnesis Psikiatri, Anamnesis Umum, Mata (Pemeriksaan visus, TIO, Segmen anterior+posterior, Kedudukan bola mata+otot ekstraokuler), Penulisan resep, PF thorak, PF abdomen, Suturing, THT (Pendengaran, Telinga, Hidung+sinus paranasal, Orofaring, Laring+hipofaring), Neuro (Kekuatan otot, saraf kranial, fungsi sensorik), Bidai+Pembalutan, dan Radiologi. 

Karena sebelumnya semua skill lab ini sudah kami pelajari di semester sebelumnya jadi selama prakoas kami sama sekali di lepaskan untuk merecall semua ingatan tentang skill lab tersebut sendiri tanpa bimbingan dosen dan hanya dengan fasilitas ruang skill lab yang untungnya bebas kami gunakan. Kadang kami suka nimbrung juga sih dengan adik kelas yang kebetulan sedang skill lab (dengan bantuan dosen), kalo dosennya kebetulan baik maka kami diizinkan untuk gabung beersama adik kelas, tapi kalo lagi apes paling kena omel "duh..ngga..ngga..belajar sendiri sana, udah penuh ini kelasnya". Ok fine..tetep senyum..ngabur..wkwkkwk..

Setelah seminggu kuliah dan seminggu belajar skill lab tiba deh saat-saat yang paling menegangkan..jeng..jeng..OSCE (Objective Structured Clinical Examinations)...

Dari total 201  mahasiswa yang jadi anggota prakoas, kelompok ujian dibagi menjadi 4 gelombang selama seminggu, sehari 2 kelompok dibagi menjadi pagi dan siang, dan tiap ujian selang sehari, sehari ujian-sehari free. Kalo aq dapet gelombang 2 : ujian hari senin - rabu - kamis. Ngga sedeg-degan OSCE di tiap semester sih, tapi ya tetep aja mesti ngafalin juga smw tuh ceklisan..berbusa deh semalem suntuk. Beberapa temen ikut nginep di kosan, semaleman belajar sampe berakhir dengan gosip dan ngebayangin penempatan koas yang masih belum jelas. Patungan beli martabak hampir tiap malem buat ganjel perut yang mulai keroncongan karena malam mulai larut. Terbangun dengan posisi ngga beraturan bagai ikan asin yang terjemur, hahahhaha...yang terakhir tidur sial deh kehabisan tempat tidur dan terkapar di karpet..wkwkkwkw..

Pahlawanku saat OSCE :
aslinya dr.Retno lebih jutek dari gambar ini ya teman-teman 




Hari pertama : dr.Retno, yang kebetulan menguji neuro dan aq dapet skill yang Kekuatan Otot. Jadi pas lagi ngetes kekuatan otot pasien dengan gerakan aktif dan pasif aq sedikit belibet antara kata 'mendorong' dan 'menahan'. Dan aq melakukan semua tes kekuatan otot dari jari tangan sampai jari kaki dengan berantakan, seharusnya kalo memulainya dengan gerakan aktif maka selanjutnya dengan gerakan pasif tetapi karena belibet dan gugup jadinya berantakan deh aq ngelakuinnya. Akhirnya kena sentak deh ma beliau "kamu nih mau ngelakuin aktif apa pasif dulu sih??"
"hmm..aktif dong, eh pasif deh dok"
"ywd lakuin yang bener!!!!"
"y dok"
Saya kembali mengulang dengan perlahan meskipun tambah gugup sih karena sempet disentak tapi, Alhamdulillah lacar..
"nah begitu dong, jangan berantakan..ywd keluar sana"
pfuuiiihhhh...ngga papa deh kena omel plus sentak ma beliau..yang penting di kasih tau juga salahnya dan semoga sih ad bonam hasilnya..amiinnn...
Dari pada salah trus di diemin, malah malu-maluin nama kampus aja nanti pas koas..hihihih..
Makasih ya dok udah bersedia mengeluarkan energinya untuk sejenak memarahi anak didikmu ini..

Hari kedua : dr. Syamsir, beliau menguji skill suturing. Jujur hari ini beliau sangat..sangat..baik beda sekali ketika beliau menguji radiologi di hari pertama, dimana yang keluar dari ruangannya mengekspresikan raut kesal dan pasrah akibat omelan. Tapi tidak untuk hari kedua, beliau sangat baik..saat aq melakukan tindakan dari awal sampai membereskan alat pun sama sekali tidak beliau perhatikan. Pokoknya baik deh, beliau hanya diam saja. Paling aq sempet nanyain benang kemudian beliau baru menghampiriku dan menunjuk benang yang ternyata memang ada di depan mataku, hihiihhihh..maaf ya dok, tanpa memperhatikan jahitanku beliau kembali duduk di mejanya dan sibuk kembali dengan menghitung, entah apa yang beliau hitung. Pokoknya berharap ad bonam deh, he"..makasih y dok..moga sehat selalu :)

Hari ketika : dr. Atiek, SpM , sesuai dengan gelarnya beliau pegang mata. Alhamdulillah dapet yang ceklisnya dikit yaitu : Pemeriksaan segmen posterior dengan ofthalmoskop. Tapi entah kenapa ceklis yang dikit malah ada yang terlewat dan dengan lembutnya beliau mengingatkan:
"tetesin apa mata'a?"
"oh ia..midriasil eye drop dok" aq mulai mencari midriasil di antara tetes mata lain yang tersedia di meja.
"udah simulasi aja, midriasilnya ngga ada kok"  #Gubrakkk...
dan selanjutya lancar deh..
Makasih ya dok udah nginetin..hihiihih..ngga pake sentak pula, subhanallah..baiknya dosen satu ini..thxx dok..

Ya tetep sih..prinsip saya mah kelulusan OSCE itu selain dari ridha Allah (hukum pasti) harus diikuti dengan lucky dosen, alias mau belajar ampe gimana pun juga kalo sial dapet dosen yang nyebelin, jangan harap deh bisa lulus. Seumur-umur baru sekali rasanya di lulusin dengan dosen yang pelit nilai, selebihnya rasanya lulus karena dosen yang baik. Tapi lebih bangga bisa lulus dengan dosen yang pelit nilai lho, keren aja gtu, hahhaha...

Beberapa kejadian lucu pas OSCE :
Hari 1 : 
Pas lagi di ruang THT yang kebetulan di uji oleh dr.Sofyan  kerennya dr.Opang. Beruntungnya aq mendapat Orofaring yang ceklisan hafalannya paling dikit dibanding pemeriksaan THT yang lain. Dengan santainya aq langsung melakukan step by step pemeriksaan. Bodohnya pas aq udah masukin spatel lidah dan menyinari daerah orofaring aq terpaku dengan uvula OP yang ternyata mengalami deviasi ke kiri. Setelah merasa puas telah menemukan kelainan tersebut aq langsung mengeluarkan spatelnya dan siap melaporkan hasil. Untungnya sebelum ditegur penguji aq teringat 1 ceklisan yang terlewat. Dengan enaknya aq kembali meminta Op membuka mulut - memasukan spatel lidah kembali - memintanya bilang "AHH". hahahahha....parah banget ngerjain OP. Untung OPnya nurut aja ngga cerewat. Dan beruntung juga pengujinya dr.Opang, jadi ngga kena omel deh..he"...makasih dokkk...

Hari 2 : 
Pas masuk ruang ujian PF thorak aq melakukan kesalahan bodoh. Kebetuan OP PF thorak ini bapak-bapak yang cukup gendut. Karena melihat perutnya yang buncit refleks aq langsung nyeroscos "baik sekarang saya akan melakukan pemeriksaan pf abdomen...saya akan melakukan inspeksi pada abdomen bapak" krik..otakku tiba-tiba teringat kejadian beberapa menit sebelumnya kalo aq sudah melakukan pf abdomen di ruangan lain, lantas kenapa sekarang pf abdomen lagi???. Aq langsung melihat ke arah penguji yaitu dr. faisal, SpPD. Upsss...beliaukan nguji pf thorak. Mati deh..!!!Untungnya beliau cukup baik, meski sedikit ngomel sih "ayooo..cepetan waktu nih". Aq kembali mengulang dengan kesadaran penuh, ini PF Toraks fah meskipun dengan OP yang berperut buncit..hahhahaha..sangat menjebak untuk orang yang nervous sepertiku.


Hari 3 :
Pas aq lagi lagi nunggu giliran masuk ruang ujjian obgyn terdengar bisikan beberapa orang yang sedang mengantri ruang obgyn juga di jalur kanan. Jadi kalo lagi ujian itu di bagi 2 jalur : jalur kanan dan kiri. Anehnya ruang obgyn jalur kanan rame sekali, sampe 5 orang yang mengantri di depan ruangannya. Hal itu tidak tertangkap oleh dosen yang mengatur jalannya rute karena ruang obgyn ini berada di balik tembok dan tak terlihat oleh dosen-dosen. Alhasil anak-anak jalur kiri yang sialnya penguji obgyn'a dr.Valleria (tipe penguji yang diem tapi ad malam) diem-diem mengantri di ruang obgyn jalur kanan yang pengujinya dr. Opang (tipe penguji yang cukup cerewet, bakal meralat kalo ada yang salah atau lupa dilakukan, enaknya aq bonam). Lucunya mereka yang ngabur dari jalurnya diem-diem dari balik tempok yang menghubungkan kedua jalur tiba-tiba sudah mengantri di jalur lain. ckckkckckc...dan sialnya pas aq mau ikutan ngabur ke jalur aman tersebut antrian sudah terlalu penuh jadi ngga berani deh. Tapi meskipun dapet dr. Valleria moga aja ad bonam..ammiinnnn...

Intinya zaman  prakoas emang penuh pembantaian, bukan fisik tapi mental. Dari diomelin dan dipermalukan di depan kelas karena tugas status anak yang banyak salah sampe deg-degan selama seminggu OSCE. Bener-bener kelatih deh mental, dari deg-degan nunggu nama di panggil buat masuk ruang OSCE sampe pasrah pas udah ujiannya. 


Hasil OSCE memang mungkin  berguna untuk menentukan siapa yang akan masuk koas duluan, tapi kalo aq menilainya bukan masalah hasil, dimana berharap lulus semua OSCE lantas koas lebih awal, bukan..tapi lebih ke gimana kita melatih mental kita ketika koas nanti. 
Melatih gimana deg-degannya ketika koas nanti menghadapi konsulen yang moodan, deg-degan pas lagi ujian stasenya. 
Selama OSCE inikan begadang juga jadi lebih sering, nah disitu melatih juga gimana caranya menahan kantuk pas jaga malam saat koas.


Prakoas aja udah nano-nano gini rasanya, gimana koas nanti ya..moga lebih nano-nano deh..biar hidup lebih berasa..hahhahahha..


Yang pasti jadi anak FK itu ngga pernah deh lepas dari yang namanya rasa deg-degan-was-was,atau apalah itu namanya..karena setelah prakoas lanjut ke dunia koas, udah koas ketemu UKDI dan OSCE Nasional, udah dokter tetep aja pas residen nanti kena bantaian lagi ma para dokter-dokter senior..pfuuiiihhhh..untung pas dulu mau masuk kedokteran belom tau cerita horor ini, kalo tau ngga mungkin sekarang di FK kali ya..hahhaha..


Semangat teman-teman sejawatku..mari kita luruskan niat..mari kita berjuang untuk masa depan kita..berjuang untuk cita-cita kita..
MENJADI DOKTER YANG BERMANFAAT UNTUK MASYARAKAT..
bukan malah sebaliknya memanfaatkan masyarakat dengan profesi kita....

SUMPAH DOKTER..Semoga tidak terhenti di lisan tapi tertanam dalam hati dan teraplikasi dengan tindakan..



5 komentar:

  1. fahliiii gw ngakak abis baca cerita lo yg satu ini.. abisnya lo g banyak cerita sih dapet dosenny gimana, eh ternyata haha sama ancurnya sama kita2 :)

    BalasHapus
  2. mahaha ga nyangka fahria nervous-an juga.. semangat buat kitaaa

    BalasHapus
  3. jadi yang selama ini anonim lw stri????

    BalasHapus
  4. nervous mau ujian itu fisiologis dhit..gw kan juga masih normal.. :(

    BalasHapus
  5. bukan fahri, gw baru ini koq ngomen as an anonim.. tp yg "kemarin" itu tau deh

    BalasHapus